DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERFIKIR SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X IPS B MA AL HIKMAH LANGKAPAN TAHUN AJARAN 2020/2021

MOHAMAD BAHRUL ULUM ZAM ZAMI, 12204173245 (2021) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERFIKIR SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X IPS B MA AL HIKMAH LANGKAPAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (962kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Defragmentasi Struktur Berpikir Reflektif Impulsif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita System Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X IPS B MA Al Hikmah Langkapan Tahun Ajaran 2020/2021 ” ini ditulis oleh Mohamad Bahrul Ulum Zam Zami, NIM. 12204173245, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar,S.Si.,M.Pd. Kata Kunci: Defragmentasi, Reflektif-Impulsif, Soal Cerita SPLTV. Beberapa permasalahan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel yaitu pemahaman konsep kurang khususnya dalam pemahaman konsep tentang kesulitan dalam mengubah soal cerita ke bentuk matematisnya, prosedur pengerjaan siswa yang masih rancu dan konsep konsep dalam sistem persamaan linear tiga variabel yang kurang benar. Oleh karena itu, peneliti melakukan pemberian defragmentasi kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan defragmentasi siswa reflektif dalam memecahkan masalah pada soal cerita bentuk sistem persamaan linear tiga variabel kelas X IPS B di MA Al Hikmah Langkapan 2) Untuk mendeskripsikan defragmentasi siswa impulsif dalam memecahkan masalah matematika pada soal cerita bentuk sistem persamaan linear tiga variabel kelas X IPS B di MA Al Hikmah Langkapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), soal cerita bentuk sistem persamaan linear tiga variabel, dan wawancara. Untuk melakukan analisis data, peneliti melakukan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif melakukan kesalahan dalam mengontruksi konsep variabel sehingga salah dalam mengasumsikan suatu variabel, kemampuan dan pemahaman siswa reflektif terhadap suatu materi membantu siswa untuk lebih teliti dan lebih memperdalam analisis dalam penyelesaiannya untuk menghasilkan jawaban yang benar. siswa impulsif melakukan kesalahan dalam mengontruksi konsep variabel sehingga salah dalam mengasumsikan suatu variabel. Siswa impulsif juga masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematisnya. Sehingga siswa impulsif lebih memilih menyelesaikan soal dengan cara pintas. Pemberian defragmentasi kepada siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bentuk sistem persamaan linear tiga variabel dilakukan menggunakan langkah langkah scanning, check some error, dan repairing. Dalam repairing terjadi 3 proses utama yakni disequilibrasi,conflict cognitifdan scaffolding. Dalam hal ini disequilibrasi dapat dimunculkan dengan memberikan intervensi berupa pertanyaan yang akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam memperoleh informasi sehingga timbul conflict cognitifpada diri siswa. Conflict cognitifditandai dengan siswa mengalami keraguan dan terlihat mempertanyakan atas informasi yang diperoleh, keraguan dalam diri siswa ini yang akan menjadi awal dari pemberian scaffolding guna mengaitkan konsep yang awalnya terpisah-pisah atau belum lengkap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173245 MOHAMAD BAHRUL ULUM ZAM ZAMI
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:03
Last Modified: 18 Jul 2022 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item