STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR

FENORIA SILFIANA LAZUARDI, 12201173063 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membudayakan Perilaku Religius Peserta Didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Fenoria Silfiana Lazuardi, NIM.12201173063, Pembimbing Ahmad Fikri Amrullah M,Pd.I Kata Kunci : Strategi, Akidah Akhlak, Perilaku Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena pendidikan Islam merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia untuk kesehariannya. Pada latar sekolah berbasis islami hal ini senantiasa dijadikan hal yang sangat penting dan dijadikan tolok ukiur kemampuaan peseta didik. Mengingat seorang guru khususnya guru Akidah Akhlak mempunyai andil lebih dalam mencetak peserta didik yang religius di sekolah, maka penulis ingin meneliti terkait dengan strategi guru Akidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari Blitar yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam dengan membiasakan akhlak Islami pada peserta didik ketika di sekolah kuhususnya maupun di masyarakat umunya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius dari nilai kejujuran, rendah hati, dan kedisiplinan peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari? (2) Bagaimana masalah yang ditemukan dalam membudayakan perilaku religius peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru Akidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di MTs. Ma’arif NU Gandusari Blitar. Data ya didapatkan oleh peneliti berasal dari Kepala Madrasah MTs. Ma’arif NU Gandusari, Guru Akidah Akhlak MTs. Ma’arif NU Gandusari, dan peserta didik MTs. Ma’arif NU Gandusari. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius dari nilai kejujuran, rendah hati, dan kedisiplinan peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari adalah dengan cara memberikan contoh yang baik, membiasakn peserta didik untuk berperilaku sesuai norma agama, dan mentaati peraturan -peraturan yang dibuat oleh sekolah demi terwujudnya budaya religius di lingkungan sekolah. (2) Masalah yang ditemukan dalam rangka membudayakan perilaku religius peserta didik di MTs. Ma’arif NU Gandusari ada tiga hal yaitu yang pertama latar belakang pendidikan sebelumnya, kedua dari pola asuh ataupun bimbingan dari keluarga ataupun orang tua dirumah, dan ketiga berasal dari peserta didik itu sendiri yan g tidak jujur dan malas untuk melaksanakan ibadah sesuai norma agama. (3) Evaluasi strategi Guru Akidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius siswa di MTs. Ma’arif NU Gandusari ada dua macam yaitu evaluasi untuk guru dan juga evaluasi untuk peserta didik. Menjadi seorang guru harus benar-benar memiliki kepribadian yang baik serta cakap dalam bidangnya. Kemudian evaluasi untuk peserta didik dilakukan setiap akhir pembelajaran dan juga akhir semester guna mengetahui sejauh mana kemampuan yang sudah dimilik oleh peserta didik tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: s1 12201173063 Fenoria Silfiana Lazuardi
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:15
Last Modified: 09 Aug 2022 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item