PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MA’DANUL ULUM SUMBERJO PLOSOKLATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2022

PUTRI EMILYA, 12205173250 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MA’DANUL ULUM SUMBERJO PLOSOKLATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Ma’danul Ulum Sumberjo Plosoklaten Kediri” ini ditulis oleh Putri Emilya, NIM. 12205173250 dengan pembimbing ibu Lailatuzz Zuhriyah, M Fil.I. Kata Kunci : Alat Peraga, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa alasan, antara lain masih ada guru-guru yang masih terus menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan siswa mudah bosan dalam pembelajaran. Dan ada siswa-siswi yang minat belajar atau daya tangkapnya menerima pelajaran sangat rendah yang mengakibatkan minat belajar siswa menurun. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan teorinya Slameto yang mana bahwa minat belajar itu adanya perasaan senang, keterkaitan, penerimaan dan keterlibatan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa di MI Ma’danul Ulum Sumberjo Plosoklaten kediri ? 2. Seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga MI Ma’danul Ulum Sumberjo Plosoklaten kediri ?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design menggunakan model One-Shot Case study. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi serta penyebaran angket. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengujian data menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji lineraritas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian data dengan bantuan SPSS 22 memberikan hasil yang dapat disimpulkan yaitu 1) adanya pengaruh pengguaan alat peraga dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 6 di MI Ma’danul Ulum Sumberjo Plosoklaten Kediri dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh thitung 3,465 > ttabel 2,074 dan signifikasi 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Besar pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa siswa sebesar 212% yang ditunjukkan dari tabel model summary dengan nilai R-Square sebesar 0,212. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat mempengaruhi minat belajar siswa di MI Ma’danul Ulum Sumberjo Plosoklaten Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173250 PUTRI EMILYA
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:13
Last Modified: 11 Jul 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item