UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 2 KEDUNGWARU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

IRMA DWI PERWITASARI, 17205163180 (2021) UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 2 KEDUNGWARU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 2 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Irma Dwi Perwitasari, NIM. 17205163180, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tahun 2021, dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: upaya guru, kesulitan belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang masih banyak terjadi pada perkembangan pendidikan siswa sekolah dasar yaitu kesulitan dalam pelajaran matematika. Anggapan siswa bahwa matematika itu sulit mengakibatkan motivasi dan minat siswa pada pelajaran tersebut rendah. Selain itu, sulitnya pelajaran matematika pada diri siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya upaya yang dilakukan oleh guru, agar kesulitan siswa dapat teratasi dan anggapan bahwa matematika sulit dapat dihilangkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sehingga pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Apa saja jenis kesulitan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SDN 2 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SDN 2 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kedungwaru dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, adapun jenisnya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1)Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa terdiri dari tiga jenis yaitu kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan menghitung, dan kesulitan dalam memecahkan masalah. (2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar siswa antara lain faktor dari guru, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika berdasarkan kesulitan yang dialami dan faktor yang melatarbelakangi antara lain memastikan kesiapan siswa untuk belajar matematika, menyampaikan materi dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti siswa, mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari, memberi motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar, menentukan metode pembelajaran yang tepat, menggunakan media pembelajaran, memperbanyak latihan soal dan memberikan jam tambahan kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163180 IRMA DWI PERWITASARI
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:19
Last Modified: 11 Jul 2022 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27079

Actions (login required)

View Item View Item