KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII MTsN 1 BLITAR

RISTA WILADATUL HIDAYAH, 12204183014 (2022) KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Pada Materi Bilangan Kelas VII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Rista Wiladatul Hidayah, NIM. 12204183014, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Number Sense, Kemampuan Matematika, Bilangan Dalam kehidupan sehari-hari seringkali dihadapkan dengan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan. Ketika kita belajar matematika, tentu juga mempelajari bilangan. Hal itu dikarenakan bilangan merupakan modal dasar untuk melanjutkan belajar matematika lanjutan. Oleh karena itu, penting untuk siswa memiliki kepekaan terhadap bilangan (Number Sense), karena hal ini dapat membantu pemahaman mereka terhadap makna bilangan dan operasinya dengan lebih baik. Namun kemampuan Number Sense setiap siswa berbeda-beda, sesuai dengan tingkat pendidikan dan pengalaman belajar. Selain itu, perbedaan kemampuan Number Sense siswa yang berbeda, juga dipengaruhi oleh tingkat kemampuan matematika (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan: 1) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika tinggi pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Blitar, 2) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika sedang pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Blitar, 3) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika rendah pada materi bilangan kelas VII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MTsN 1 Blitar. Subjek yang dipilih dalam penelitian yaitu siswa kelas VII sebanyak 3 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu ketekunan atau keajegan pengamatan, tringulasi, dan penilaian teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi indikator menilai kewajaran suatu hasil perhitungan, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi dan implikasinya, menentukan estimasi terdekat pada hasil operasi bilangan, namun belum memenuhi indikator mengidentifikasi sifat berurutan bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, 2) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi indikator menilai kewajaran suatu hasil perhitungan, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya, namun belum memenuhi indikator menentukan estimasi terdekat pada hasil operasi bilangan, serta mengidentifikasi sifat berurutan bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, 3) Kemampuan Number Sense siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi indikator menentukan estimasi terdekat pada hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, namun belum memenuhi indikator menilai kewajaran suatu hasil perhitungan, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya, serta mengidentifikasi sifat berurutan dan keteraturan pada sistem bilangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183014 RISTA WILADATUL HIDAYAH
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:25
Last Modified: 11 Jul 2022 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

View Item View Item