PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IHSAN JOMBANG

UMI SALAMAH, 12206173045 (2021) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IHSAN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

ABTRAK Umi Salamah, 12206173045. 2021 “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Ihsan Jombang” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa. Kemampuan bahasa anak yang masih kurang melatarbelakangi penelitian ini. Kemampuan bahasa pada anak merupakan hal yang penting bagi anak untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Karena pembelajaran kurang efektif. Kemampuan bahasa pada anak merupakan kemampuan yang harus dikembangkan, salah satunya dengan cara menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Ihsan Jombang. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunkan analisis data dengan uji t-paired t test dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di RA Al-Ihsan Jombang. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t-test kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah pembelajaran metode bercerita dengan media boneka tangan didapatkan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak/mendengarkan anak usia 5-6 tahun di RA Al-Ihsan Jombang. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t-test kemampuan menyimak/mendengar anak sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode bercerita dengan media boneka tangan didapatkan sig (2-tailed) 0.000 < 0,05. 3) Ada pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Al-Ihsan Jombang. Hal tersebut ditunjukkan dari uji Anova kemampuan bahasa anak sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode bercerita dengan media boneka tangan didapatkan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173045 UMI SALAMAH
Date Deposited: 11 Jul 2022 05:05
Last Modified: 11 Jul 2022 05:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27104

Actions (login required)

View Item View Item