BERLIANANDA MAKAIUNIN ELVINA, 12201183339 (2022) STANDAR KOMPETENSI IBADAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Berliananda Makaiunin Elvina, 12201183339, Standar Kompetensi Ibadah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr.Khoirul Anam M.Pd.I., Kata Kunci : Standar Kompetensi Ibadah, Karakter Peseta Didik Standar Kompetensi Ibadah atau disingkat SKI merupakan salah satu intrakurikuler yang wajib dilaksanakan disetiap Madrasah (negeri dan swasta) sesuai dengan jenjang pendidikan yang ada di masing-masing lembaga yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kelemahan baca tulis al-qur’an dan ubudiyah. MAN 2 Nganjuk merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berusaha untuk menjadikan ibadah sebagai objek utamanya dimana nantinya dapat membentuk kedisiplinan siswa terutama dalam hal keagamaan, hal ini sesuai dengan visi madrasah yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa. Sehingga, banyak sekali konsep-konsep yang berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan di dalamnya. Dalam hal ini mendorong penulis untuk mengkaji tentang standar komptensi ibadah dalam pembentukan karakter yang dilaksanakan di MAN 2 Nganjuk. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penyusunan standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk? 2. Bagaimana implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk? 3. Bagaimana evaluasi implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk?. Tujuan dari penelititian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penyusunan standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk. (2) Untuk menemukan dan mendeskripsikan implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk. (3) Untuk menemukan dan mendeskripsikan implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dari tanggal 05 februari sampai 09 februari 2022. Lokasi Penelitian MAN 2 Nganjuk. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data tringulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Penyusunan standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk. dalam penyusunan standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk, yaitu: (a) terdapat susunan kepanitian dalam menentukan meteri yang akan diujikan kepada peserta didik, terdiri dari penanggung jawab, koordinator, ketua, sekertaris, bendahara standar kompetensi ibadah. (b) penyususnan materi standar kompetensi ibadah hanya dilakukan oleh koordinator dan panitia pelaksana standar kompetensi ibadah kemudian dirapatkan bersama para guru lainnya. (c) adanya penyusunan buku berjudul "Zaad at-Thulab" yang digunakan sebagai pedoman peserta didik dalam mempelajari maupun menghafal materi standar kompetensi ibadah. (2) Implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk, yaitu: (a) materi yang diujikan kepada peserta didik dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. (b) peserta didik dan guru penguji masing-masing memiliki kesepakatan ketika melakukan setoran standar kompetensi ibadah. (c) kegiatan standar kompetensi ibadah hanya boleh dilakukan di lingkungan sekolah. (d) setiap peserta didik memiliki kartu setoran standar kompetensi ibadah yang isi materinya berbeda-beda tergantung jurusan kelas dan jenjang kelas masing-masing. (e) peserta didik akan mendapat sanksi maupun teguran apabila tidak disiplin dalam melaksanakan kegiatan standar komptensi ibadah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. (3) Evaluasi implementasi standar kompetensi ibadah dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Nganjuk, yaitu: (a) bapak ibu guru memberikan teguran secara langsung disertai pembeneran ketika peserta didik melakukan kesalahan dalam menerapkan praktek standar kompetensi ibadah maupun hafalan surat-surat pendeknya sehingga kedepannya peserta didik lebih disiplin. (b) menggunakan metode pembiasaan dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik terutama dalam hal keagamaan melalui kegiatan standar kompetensi ibadah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183339 BERLIANANDA MAKAIUNIN ELVINA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 05:12 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 05:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27112 |
Actions (login required)
View Item |