ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN KECEMASAN MATEMATIKA DI MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

MUHAMAD ILHAM TRY SAPUTRA, 12204183296 (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN KECEMASAN MATEMATIKA DI MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika di MTsN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Muhamad Ilham Try Saputra, NIM. 12204183296, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Kecemasan Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Berpikir kreatif jarang ditekankan pada pembelajaran matematika karena model pembelajaran yang cenderung pada pengembangan pemikiran analitis dengan masalah-masalah yang rutin. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa, peneliti memberikan soal yang bertujuan untuk memicu timbulnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, peneliti menggunakan tiga indikator berpikir kreatif yang meliputi kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika ditinjau berdasarkan kecemasan matematika tinggi di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika ditinjau berdasarkan kecemasan matematika sedang di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika ditinjau berdasarkan kecemasan matematika rendah di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan meliputi pemberian angket, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 6 siswa yang terpilih dari pemberian angket kecemasan matematika siswa, selanjutnya pemberian tes tulis dan juga diadakan tes wawancara untuk memperkuat hasil dari tes tulis. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII di MTsN 5 Tulungagung berbeda antara siswa yang mempunyai kecemasan matematika tinggi, sedang dan rendah. 1) Siswa dengan kecemasan matematika tinggi belum mampu memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif sehingga masuk dalam tingkat 0 (tidak kreatif). 2) Siswa dengan kecemasan matematika sedang mampu menunjukkan memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan kebaruan sehingga masuk dalam tingkat 3 (kreatif). 3) Siswa dengan kecemasan matematika rendah memiliki tingkat berpikir kreatif pada tingkat 4 (sangat kreatif). Subjek mampu menunjukkan ketiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183296 Muhamad Ilham Try Saputra
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:21
Last Modified: 19 Jul 2022 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27114

Actions (login required)

View Item View Item