PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)

DEWI LAILATUL HIKMAH, 12205183065 (2022) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Dewi Lailatul Hikmah, NIM. 12205183065, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru, Pengembangan Potensi, Pembelajaran Tematik Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan-perubahan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Pembelajaran yang semula dilakukan daring (online) selama kurang lebih dua setangah tahun, sekarang telah diberlakukan kembali pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Pada hal tersebut peserta didik telah mengalami banyak perubahan pada proses pembelajaran dan tingkah lakunya. Maka dari itu peran guru sangat penting untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Terutama pada tingkat sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran tematik, yang mana pada siswa harus mengembangkan setiap kompetensi pembelajaran mulai dari ranah konitif, afektif dan psikomotoriknya. Sehingga peran guru sangatlah penting untuk mengembangkan setiap kompetensi yang dimiliki oleh siswa tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Afektif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Untuk mengetahui Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Afektif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Peran Guru Dalam Pengembangan Ranah Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan keterpercayaan (credibility) dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, dan member check, kemudian dengan keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam perkembangan kognitif yaitu guru sebagai pendidik, menerapkan pembalajaran dengan pendekatan student centered, sebagai model di kelas, menggunakan metode ceramah plus, serta menerapkan kelas outdoor kepada siswanya untuk mengembangkan pengetahuan siswa. (2) Dalam segi afektif guru mempunyai peran sebagai suri tauladan, membiasakan siswa untuk berakhlak yang baik, pemberi nasehat, serta guru melatih pembiasaan baik kepada siswa. (3) Dalam ranah psikomotorik guru berperan sebagai kreativator, pemantau, melatih kebiasaan siswa serta guru mengembangkan IPTEK pada pesera didik guna meningkatkan keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183065 DEWI LAILATUL HIKMAH
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:32
Last Modified: 12 Jul 2022 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item