STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE DI MAN 3 NGANJUK

MOH AGUS KHOMARUDIN, 12201183049 (2022) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE DI MAN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Menggunakan Aplikasi Online di MAN 3 Nganjuk” ditulis oleh Moh. Agus Khomarudin, NIM 12201183049, pembimbing Bapak Saiful Bahri S.Ag M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru, Efektifitas Belajar, Aplikasi online Penelitian ini dilatar belakangi oleh peranan guru yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, Dengan hal ini, maka guru bertugas untuk meningkatkan efektifas belajar bagi para siswanya. Setelah mengalami masa pandemi, pembelajaran tatap muka terbatas diterapkan di MAN 3 Nganjuk dengan cara pembelajaran dipadukan dengan pembelajaran online yang telah dirancang oleh guru fikih dengan menggunakan beberapa aplikasi tambahan untuk belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru fikih dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi online ? (2) Bagaiamana kendala strategi guru fikih dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi online? (3) Bagaiamana dampak guru fikih dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi online? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi guru fikih dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi online. (2) Untuk mengetahui kendala strategi guru fikih dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran menggunakan aplikasi online. (3) Untuk mengetahui dampak guru fikih dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran menggunakan aplikasi online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan temuan dengan trianggulasi, meningkatkan ketekunan, dan perpanjangan kehadiran. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa : (1) Strategi guru fikih dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. a. Guru menggunakan Strategi Blanded Learning, Inkuiri, dan Kontekstual. b. Guru menggunakan aplikasi online. c. Guru menggunakan metode ceramah plus.(2) Kendala guru fikih dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. a.Kesulitan dalam akses internet dan kuota. b.Kurangnya penerapan metode pembelajaran. c.Keterbatasan guru dalam menggunakan teknologi digital. d. Keterbatasan waktu. e. Kurang konsentrasinya siswa. (3) Dampak guru fikih dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. a. Guru tidak bisa menjelaskan materi pembelajaran secara detail. b. Siswa kurang memahami materi. c. Tidak bisa melaksanakan. d. Menambah wawasan guru mengenai aplikasi pembelajaran. e. Menambah kreativitas guru saat mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183049 MOH AGUS KHOMARUDIN
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:53
Last Modified: 11 Jul 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item