IMNA INDANA ZULFA VINA TAF TANTRI, 12201183120 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TAQRIB DI MADRASAH DINIYAH MAMBA'UL HIKAM BOTORAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DARTAR RUJUKAN.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kitab Taqrib ini dibilang unik dan sudah jarang dilakukan pada lembaga pendidikan formal. Karena biasanya kitab Taqrib lebih sering dikaji di dunia pesantren dan tergolong kitab dengan isi tebal yang cocok dikaji di pesantren, maka dalam pembelajaran perlu penggunakan metode seperti apa yang bisa digunakan pendidik dalam menyampaikan ilmu agar peserta didik mudah dalam memahami kitab Taqrib tersebut. Dengan latar belakang itulah, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Taqrib di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung. Dengan mengambil judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Taqrib di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung”. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Taqrib melalui Metode Demonstrasi di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung? (2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Taqrib melalui Metode Tanya jawab di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung? (3) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Taqrib melalui Metode Diskusi di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian (1) Implementasi pembelajaran kitab Taqrib melalui metode demonstrasi yaitu: pemetaan materi yang akan didemonstrasikan, Sarana dan prasarana yang menjadi faktor pendukung, dan meningkatkan minat belajar santri (2) Implementasi pembelajaran kitab Taqrib melalui metode tanya jawab yaitu: pemberian waktu berfikir santri, suasana kelas menjadi aktif dengan pertanyaan acak, dan santri diberi pertanyaan bergilir atau gantian ketika sebelum pulang (3) Implementasi pembelajaran kitab Taqrib melalui metode diskusi yaitu: kegiatan awal yang berisi salam dan bacaan Al-Fatihah, kegiatan inti yang berisi penyampaian materi, dan kegiatan penutup yang berisi kesimpulan serta diakhiri dengan do’a.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | imna 12201183120 Imna Indana Zulfa Vina Taf Tantri |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27119 |
Actions (login required)
View Item |