TADEO NUZULUL AMRI, 12204183067 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS KELAS X DI MA SYEKH SUBAKIR BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematis Kelas X Di MA Syekh Subakir Blitar” ini ditulis oleh Tadeo Nuzulul Amri, NIM. 12204183067, Pebimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, SPLTV, Prosedur Newman, Literasi Matematis Latar belakang penelitian ini adalah masih cukup banyak kesalahan dilakukan oleh siswa dalam memahami dan mentransformasi penyelesaian soal cerita SPLTV dengan prosedur Newman yang belum ditinjau dari kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari kemampuan literasi matematis. 2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari kemampuan literasi matematis Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, tes dan wawancara. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. . Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa letak kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita SPLTV adalah(1) Subjek kemampuan sedang dan rendah melakukan kesalahan memahami soal dengan tidak menuliskan apa ditanyakan pada soal. (2) Subjek kemampuan sedang dan rendah tidak dapat merubah soal cerita kedalam model matematika. (3) Subjek kemampuan sedang dan rendah menuliskan metode yang digunakan dan tahapan perhitugannya, tetapi salah dalam melakukan proses perhitungan. (4) Subjek kemampuan tinggi, sedang dan rendah yang tidak melakukan pemeriksaan kembali. (5) Subjek kemampuan sedang dan rendah yang tidak dapat menulis jawaban akhir. Faktor-faktor dari dalam diri siswa penyebab kesalahan siswa adalah (1) Kecerobohan siswa sehingga lupa dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. (2) Kurang teliti dan kurang paham maksud dari beberapa kalimat pada soal sehingga secara tidak sadar siswa bahwa model matematika yang dia tuliskan adalah salah. (3) Kurang menguasai materi dan Rasa keinginan siswa untuk menyingkat penulisan jawaban. (4) Guru tidak menyalahkan pengerjaan siswa sehingga menjadi kebiasaan siswa tidak melakukan pemeriksaan kembali. (5) Salah dalam proses perhitungan sehingga tidak dapat menuliskan jawaban dan juga siswa tidak terbiasa menuliskan jawaban.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183067 TADEO NUZULUL AMRI |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 07:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27121 |
Actions (login required)
View Item |