STRATEGI GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

FEBRIA ELOK MAHMUDAH, 12201183021 (2022) STRATEGI GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualtias Pembelajaran Peserta Didik Kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Febria Elok Mahmudah, NIM. 12201183021, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Hasanal Khuluqi, M. Ag. Kata kunci : Strategi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah. Karena kualitas pembelajaran merupakan keadaan yang mendorong siswa untuk aktif belajar dan mempertahankan kondisianya agar selalu dalam keadaan siap untuk menerima pelajaran. Tanpa adanya kualitas pembelajaran, tujuan pembelajaran itu sendiri tidak akan tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian pada strategi guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di lembaga pendidikan Islam/Madrasah Tsanawiyah tepatnya di Madrasah Tsanawiyah Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana perencanaan strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (2) bagaimana pelaksanaan strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar (2) untuk menjelaskan pelaksanaan strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar (3) untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru rumpun pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar.Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru rumpun pendidikan agama Islam kelas VIII B dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi pembelajaran dilakukan dengan mempelajari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan materi yang akan diajarakan pada peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar (2) strategi yang digunakan guru rumpun Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar yaitu menggunakan strategi ekspositori. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar pembelajaran berlangsung menyenangkan. Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran juga disertai pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari (3) terkait dengan evaluasi strategi yang dilakukan guru rumpun Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII B di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar yaitu dengan cara mengadakan soal lisan setelah materi selesai, pengerjaan soal latihan di Lembar Kerja Siswa, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Evaluasi juga dilakukan guru untuk mempersiapkan tindakan atau metode pada pembelajaran selanjutnya. Sekolah juga merasakan dampak positif, jika siswanya berperilaku baik maka akan menimbulkan dampak positif dan kepercayaan bagi masyarakat

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183021 FEBRIA ELOK MAHMUDAH
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:37
Last Modified: 13 Jul 2022 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27162

Actions (login required)

View Item View Item