STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA TANAMAN ECO BIBIT DESA JUWET KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK

DESI KRISDIANA, 12405183140 (2022) STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA TANAMAN ECO BIBIT DESA JUWET KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan pada Usaha Tanaman Eco Bibit Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk” yang ditulis oleh Desi Krisdiana dengan NIM 12405183140. Jurusan Manajemn Bisnis Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Pesatnya perkembangan teknologi diera ini telah menarik banyak minat para pelaku usaha untuk terjun ke pasar online. Akan tetapi, adanya perkembangan tersebut telah memicu ketatnya persaingan pasar. Hal itu yang mendorong Eco Bibit untuk melakukan pemasaran secara online dengan menciptakan strategi pemasaran yang baik dalam meningkatkan penjualannya. Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan pada usaha tanaman Eco Bibit di Desa Juwet Kecamatan Ngonggot Kabupaten Nganjuk, 2) Apa faktor pendorong dan penghambat proses pelaksanaan startegi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan pada usaha tanaman Eco Bibit Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, 3) Bagaimana sistem informasi penjualan yang digunakan sebagai penunjang strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan pada usaha tanaman Eco Bibit di Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunkan metode penelitian naturalistik fenomenologi, hal ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui fenomenologi secara langsung dan factual yang terdapat dilapangan. Dan data yang digunaka pada penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data diperoleh peneliti melalui wawancara secara langsung kepada pemilik usaha dan salah satu reseller Eco Bibit. Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Usaha tanaman Eco Bibit menggunakan konsep dasar strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, market entry strategy, marketing mix strategy, dan timing strategy. Konsep dasar strategi pemasaran ini dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran online yang baik. Strategi pemasaran online tersebut adalah SEO (Search Engine Optimization), SMM (Social Media Marketing), PPC (Pay Per Click), Content Marketing, dan WhatsAap Marketing. 2) Terdapat faktor pendorong dan faktor penghambat dalam jalannya strategi pemasaran. Faktor pendorong tersebut terdiri dari kualitas produk, citra merk, teknologi, dan kepercayaan konsumen. Dan faktor penghambat terdiri dari beberapa permasalahan yang ada, yaitu keterbatasan modal dan persaingan pasar. 3) Eco Bibit memiliki sistem informasi penjualan sebagai penunjang strategi pemasaran. Sistem informasi penjualan yang digunakan terdiri dari prosedur penjualan dan laporan penjualan. Eco Bibit memiliki prosedur penjualan sebagai berikut: a) Konsumen mengunjungi situs toko online, b) Konsumen menentukan tanaman yang akan dibeli, c) Konsumen melakukan pembayaran melalui toko online, d) Penjualan melalui reseller, e) Reseller cukup membayar 50% dari harga tanaman jika barang mengalami return. Eco Bibit membuat Laporan penjualan dengan periode waktu per bulan. Kata kunci: Strategi Pemasaran Online, Eco Bibit, Sistem Informasi Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183140 DESI KRISDIANA
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:22
Last Modified: 15 Jul 2022 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item View Item