STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG

NUR WIDIANA, 12205183015 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung” di tulis oleh Nur Widiana, NIM. 12205183015, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing H. Muh. Nurul Huda. M.A. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, dan Jarak Jauh Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena baru yang terjadi mulai bulan maret 2020, yaitu adanya wabah covid-19 yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitas diluar rumah. Sehingga sekolah juga melakukan proses pembelajaran secara jarak jauh. Akibatnya guru harus memiliki setrategi yang baik agar proses belajar anak tetap berjalan seperti biasa. Misalnya dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, youtube dan juga google classroom. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan youtube di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung. Untuk dapat mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan kejadian sesuai kenyataan dilapangan. Sumberdata yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara semi tersetruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penyajian hasil temuan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan WhatsApp di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung yaitu dengan menjadikan aplikasi WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan penghubung dengan walimurid agar tetap dapat memantau perkembangan anak, serta menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan memanfaatkan metode ceramah melalui aplikasi whatsapp, 2) Strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan youtube di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung yaitu dengan memanfaatkan youtube sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran yang disiapkan guru kepada peserta didik, serta menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan memanfaatkan metode demonstrasi. 3) Strategi guru dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung yaitu dengan memanfaatkan google classroom sebagai sarana pengumpulan tugas karena lebih terlihat rapi dan mudah di koreksi, serta menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan memanfaatkan metode pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183015 NUR WIDIANA
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:28
Last Modified: 13 Jul 2022 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item