PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR

ROFI'ATUL HIKMAH, 12205183326 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Harapan Bangsa Kota Blitar” ini ditulis oleh Rofi’atul Hikmah, NIM 12205183326, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Peran guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran, utamanya peran guru Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran online yang dilakukan sebelumnya mengakibatkan perubahan kebiasaan belajar peserta didik secara signifikan. Hal tersebut menuntut guru untuk memberikan dorongan kepada peserta didik agar mengikuti pembelajaran secara aktif sebagaimana pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Untuk itu, sangat penting seorang guru memahami dan mampu melaksanakan perannya dengan baik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran guru dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar pembelajaran SKI di MI Harapan Bangsa Kota Blitar. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran SKI di MI Harapan Bangsa Kota Blitar?, Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran SKI di MI Harapan Bangsa Kota Blitar?, Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran SKI di MI Harapan Bangsa Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus guna meneliti suatu fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keajekan pengamatan dan triangulasi, diantaranya triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru SKI sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V MI Harapan Bangsa Kota Blitar ialah dengan cara memberikan tugas diakhir pembelajaran, memberikan nilai angka dari hasil tugas yang telah diselesaikan, melakukan kegiatan tanya jawab saat pembelajaran berlangsung, menggunakan metode ceramah dengan cara bercerita dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan memberikan pujian kepada peserta didik yang mendapat hasil yang baik. 2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Harapan Bangsa Kota Blitar dengan menyediakan media pembelajaran berupa media pop up book materi Khalifah Usman bin Affan. 3) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Harapan Bangsa Kota Blitar ialah mengarahkan dan membimbing peserta didik dengan cara memberikan teguran atau peringatan kepada peserta didik yang berbuat salah agar merasa jera, memberikan nasehat untuk menyadarkan peserta didik atas kesalahannya, dan membantu kesulitan peserta didik selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Sejarah Kebudayaan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183326 ROFI'ATUL HIKMAH
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:25
Last Modified: 11 Jul 2022 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item