AMELIANA BALYA SAKTI, 12205183039 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung.” ini ditulis oleh Ameliana Balya Sakti NIM. 12205183039, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataanya, saat ini masih banyak guru yang mengajar dengan cara yang monoton dan kurang menarik perhatian siswa khusunya pada mata pelajaran fiqih. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi metode pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah metode mind mapping. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung.? (2) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung.? (3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung.? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Dokumentasi, (2) Tes, (3) Angket. Teknis analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar diperoleh sig. 0,001 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih diperoleh sig. 0,001 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih dipeoleh 0,000 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas V di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183039 AMELIANA BALYA SAKTI |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 04:41 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27192 |
Actions (login required)
View Item |