ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA BERBASIS M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI

PRISWANTI WULANDARI, 12204173112 (2021) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA BERBASIS M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa Berbasis M-Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi” ini ditulis oleh Priswanti Wulandari, NIM. 12204173112, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Literasi Digital, Mobile Learning, Internet Searching, Hypertextual Navigation, Content Evaluation, Knowledge Assembly Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya wabah Covid-19 yang ditetapkan sebagai pandemic, hal tersebut memunculkan terganggunya tatanan kehidupan. Salah satunya pada sector pendidikan. Akibatnya, muncul perubahan terkait sistem pembelajaran di sekolah yang semula pembelajaran tatap muka (konvensional) menjadi pembelajaran di lingkungan belajar online (daring). Artinya, dalam pelaksanaanya harus didukung dengan teknologi yang memadai, melalui media perangkat mobile. Dalam pembelajaran daring siswa mencari informasi dari berbagai sumber, salah satunya dari internet. Maka, diperlukan pengetahuan serta kecakapan dalam mencari, memahami, mengelola dan menggunakan informasi yang dikenal dengan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan literasi digital siswa dalam penggunaan perangkat mobile sebagai sarana pembelajaran matematika pada masa pandemi yang hasilnya akan dijabarkan berdasarkan masing-masing aspek Paul Gilster yaitu ada 4, 1) pada aspek Internet Searching (pencarian di internet), 2) aspek Hypertextual Navigation (pandu arah hypertext), 3) aspek Content Evaluation (evaluasi konten), 4) aspek Knowledge Assembly (penyusunan pengetahuan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan perhtungan mean, grand mean, dan rentang skala. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kemampuan literasi digital siswa dari ke-4 aspek yaitu: 1) Aspek Internet Searching diperoleh skor rata-rata gabungan sebesar 3,97 termasuk pada kategori baik. 2) Aspek Hypertextual Navigation diperoleh skor rata-rata gabungan sebesar 3,74 termasuk pada kategori baik. 3) Aspek Content Evaluation diperoleh skor rata-rata gabungan sebesar 4,02 termasuk pada kategori baik. 4). Aspek Knowledge Assembly diperoleh skor ratarata gabungan sebesar 4,02 yang juga termasuk dalam kategori baik. Namun, meskipun semua aspek tergolong baik, tetap diperlukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi literasi digital di lingkungan pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > E-Learning
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173112 PRISWANTI WULANDARI
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:33
Last Modified: 13 Jul 2022 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27196

Actions (login required)

View Item View Item