ZULFANA DWI ARISKA, 12205183156 (2022) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (967kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfana Dwi Ariska, NIM. 12205183156, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Menanamkan Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya masalah penyimpangan akhlak dan perilaku yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Seorang guru harus mampu menjalankan beberapa peran dalam upaya menanamkan akhlak kepada peserta didik. Guru tidak hanya mendidik dalam hal materi saja, namun juga melakukan pengajaran dan bimbingan dalam bentuk pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru sangat penting dalam menanamkan akhlak kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa agar nantinya peserta didik memiliki akhlak yang lebih baik sesuai ajaran agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitiannya: 1) Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yang pertama, guru mengingatkan dan memberi nasehat. Kedua, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan pembiasaan senyum, sapa, salam. Ketiga, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Keempat, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan pembiasaan sholat dhuha. Kelima, guru membina hubungan baik dengan peserta didik. Keenam, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan istighosah yasin dan tahlil pada hari Jum’at dan setiap menghadapi ujian akhir, seperti saat akan menjalankan ujian Akhir, PTS, Semester, dan ujian lainnya. Ketujuh, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan pembiasaan infaq rutin pada hari Jum’at. Kedelapan, guru membimbing peserta didik untuk menerapkan kegiatan pembiasaan dalam memperingati hari-hari besar Islam. 2) Peran guru sebagai fasilitator dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yang pertama, guru melakukan pengawasan dan pendampingan peserta didik. Kedua, guru berusaha menangani setiap permasalahan yang dialami peserta didik. Ketiga, Guru mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan melatih kemampuan bakat minat peserta didik, Keempat, guru memberikan pesan moral kepada peserta didik. Kelima, guru menyediakan sarana prasarana penunjang pendidikan dan kegiatan belajar. 3) Peran guru sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yang pertama, guru menerapkan sikap, perbuatan, dan akhlak yang baik dalam situasi dan kondisi apapun. Kedua, guru berani mengakui kesalahan yang diperbuatnya dan berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan buruk yang dilakukannya. Ketiga, guru memberikan ilmu pengetahuan dengan memberi contoh-contoh dari para Nabi, para Kiai, dan para Ulama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183156 ZULFANA DWI ARISKA |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:40 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27197 |
Actions (login required)
View Item |