STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS 1 MIN 7 BANDUNG TULUNGAGUNG

DIAN PRANU RISMA, 12205183204 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS 1 MIN 7 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Siswa Kelas 1 MIN 7 Tulungagung” ini ditulis Dian Pranu Risma, NIM 12205183204. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Media Audio Visual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran. mengingat Kegiatan pembelajaran yang banyak menggunakan verbalisme (ceramah) tentu akan membosankan bagi siswa. Maka penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa karena melibatkan indera pendengaran serta penglihatan dalam satu proses. Namun penggunaan media tersebut tentunya harus dengan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai materi, keadaan dan kemampuan siswa akan membuat proses pembelajaran lebih optimal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan penggunaan media audio visual untuk siswa kelas 1 MIN 7 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 MIN 7 Tulungagung melalui penggunaan media audio visual (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan yang terjadi dalam penggunaan media audi visual siswa kelas 1 MIN 7 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara atau Interview mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Pengumpulan data (Data Collection), Reduksi data (Data reduction), Penyajian data (data display), dan Penarikan kesimpulam atau verification. Sedangkan Teknik Keabsahan Data dengan Credibility (Derajat kepercayaan), Tranferability (Keteralihan), Depandability (kebergantungan), Confirmability (keteralihan), Ketekunan Pengamat, dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam mengembangkan penggunaan media audio visual adalah a) melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, penggunaan dan yang terakhir adalah tindak lanjut setelah penggunaan, b) Pengembangan media audio dengan menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu dan mempengaruhi sikap, c) Pengembangan media audio oleh guru dengan cara membuat video pembelajaran yang nantinya ditampilkan di proyektor agar pembelajarannya tidak membosankan. 2) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media audio visual yaitu a) Membuat materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, b) Setiap penggunaan media audio visual, guru selalu memberikan motivasi pada siswa, c) Setiap penggunaan media audio visual, guru selalu menumbuhkan rasa senang dalam pembelajaran, 4) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media LCD Proyektor, serta penyajian materi yang inovatif. 3) Cara guru dalam mengatasi kesulitan yang terjadi dalam penggunaan media audio visual siswa kelas 1 MIN 7 Tulungagung antara lain 1) Melengkapi fasilitas pembelajaran, 2) Manejemen waktu, 3) Memaksimalkan instrumen, 4) Melalui tes hasil belajar dan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183204 DIAN PRANU RISMA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:25
Last Modified: 13 Jul 2022 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27198

Actions (login required)

View Item View Item