KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK

NILA BADINGATUL KHUSNA, 12205183274 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Nila Badingatul Khusna, NIM. 12205183274, dibimbing oleh Bapak Abdul Aziz Faradi,M.Hum. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika yang dianggap sulit bagi mayoritas siswa. Matematika dianggap pelajaran yang menakutkan sehingga siswa menjadi tidak tertarik pada pembelajaran matematika. Dengan demikian guru dituntut untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Bentuk kreativitas yang bisa dilakukan oleh guru yaitu dengan mengembangkan metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang baik. Dengan kreativitas guru tersebut maka proses pembelajaran akan menarik dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame?, (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame?, (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan sumber belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala sekolah, guru matematika kelas III dan kelas V, serta beberapa siswa kelas V. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar matematika yaitu menggunakan metode yang bervariasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa, diantaranya yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode bermain peran, metode talking stik, dan metode latihan. Metode pembelajaran yang tepat dapat memberikan berbagai manfaat. (2) Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada pembelajaran matematika yaitu menggunakan media konkret sederhana seperti papan tulis, kertas, penggaris, botol minuman, meteran roll. Media visual berupa potongan kertas, miniatur bangun ruang, gambar, smart books pada bangun datar. Penggunaan media disesuaikan dengan materi dan kebutuhan siswa. Ada beberapa kendala serta manfaat dalam mengembangkan media pembelajaran. (3) Kreativitas guru dalam mengembangkan sumber belajar pada pembelajaran matematika yaitu dengan menggunakan sumber belajar bervariasi berupa buku LKS, buku paket, internet, perpustakaan, lingkungan sekitar, dan ensiklopedia zero to hero. Sumber belajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Penggunaan sumber belajar yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183274 Nila Badingatul Khusna
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:59
Last Modified: 13 Jul 2022 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item