STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

HANDOWO MUHAMMAD GALIH SAPUTRA, 12201173259 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Handowo Muhammad Galih Saputra, NIM 12201173259, Pendidikan Agama Islam (PAI), tahun 2021 dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag Kata kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Guru pendidikan agam Islam memiliki peran penting dan tanggung jawab yang penting dalam pembelajaran. Guru PAI sebagai pembimbing dalam pembentukan pribadi islam yang berakhlakul karimah. Namun fenomena yang ada strategi guru dalam memberikan pembelajaran belum sepenuhnya mewakili tercapainya tujuan-tujuan pembelajaran. Di karena kan faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran. Salah satu sebab penghambat dalam prose pembelajaran adalah motivasi belajar. Yang mana motivasi belajar sangat mempengaruhi minat belajar siswa. Oleh sebab itu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dituntut untuk memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar? 3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. 3) Untuk mengetahui evaluasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari guru pendidikan agama Islam dan salah satu siswi dari SMP Muallimin. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara dan metode dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan keikut sertaan, ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil penelitin yang diperoleh peneliti sebagai berikut, 1) strategi perencanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar yaitu, mempersiapkan perangkat pembelajaran, memberikan materi pembelajaran, dan membuat format penilaian harian yang penilaian itu juga sebagai acuan nilai keaktifan untuk diri siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. 2) pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar yaitu, menggunakan metode-metode pembelajaran yang menyenangkan dalam melaksanakan kegiatan pemebelajaran pendidikan agama Islam selalu menciptakan kondisi kelas yang selalu nyaman waktu kegiatan pembelajaran dan memberikan hukuman yang sifatnya mendidik untuk memberikan efek jera kepada siswa jika dalam proses pembelajaran membuat kesalahan 3) evaluasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muallimin Wonodadi Blitar yaitu, dengan cara mengadakan ujian yang mana hasil ujian tersebut menjadi tolak ukur siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 12201173259 HANDOWO MUHAMMAD GALIH SAPUTRA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:45
Last Modified: 13 Jul 2022 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27205

Actions (login required)

View Item View Item