STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR

KIKI KHOFIFAH, 12207183084 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Kiki Khofifah, NIM. 12207183084, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena rendahnya kualitas guru. Ketercapaian pendidikan di Madrasah tergantung pada kecakapan guru dan strategi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah sebagai pemimpin lembaga. Strategi untuk meningkatkan kinerja guru tentu akan mempengaruhi kualitas kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya di lembaga pendidikan. Kepala madrasah MTsN 1 Kota Blitar mengadakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kinerja guru seperti mengadakan pembinaan dan pemaparan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai administrator pembelajaran di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pengajar di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pembimbing di MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai administrator pembelajaran di MTsN 1 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pengajar MTsN 1 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pembimbing pembelajaran MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian di MTsN 1 Kota Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana, waka humas, dan guru Fiqih MTsN 1 Kota Blitar. Teknik analisis data terdiri atas kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) strategi yang dilakukan Kepala MTsN 1 Kota Blitar dalam meningkatkan kinerja guru sebagai administrator pembelajaran dimulai dari pembinaan pembuatan perangkat pembelajaran ketika rapat. Dimana kepala madrasah selalu melakukan supervisi dalam mengontrol guru terhadap pembuatan RPP dan laporan kinerja guru. (2) Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pengajar dimulai dari meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawabguru dalam proses pembelajaran dengan dipantau oleh kepala madrasah di pagi hari keliling di depan kelas-kelas. (3) Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai pembimbing pembelajaran adalah selalu memberi motivasi kepada para guru agar di dalam proses pembelajaran siswa-siswi difahamkan dengan sungguh-sungguh termasuk dalam kegiatan keagamaan seperti mengaji di pagi hari dan sholat dhuha, sehingga mampu menciptakan siswa yang pintar dan berakhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183084 KIKI KHOFIFAH
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:56
Last Modified: 13 Jul 2022 04:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item