PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERTIPE HOTS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

Fitriana, 12204183021 (2022) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERTIPE HOTS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Bertipe HOTS di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitriana NIM. 12204183021, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Pemahaman konseptual, Pemahaman prosedural Pemecahan masalah, Tahapan polya, Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Adapun tujuan pembelajaran matematika yaitu melatih dan menumbuhkan cara berpikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten dalam menyelesaikan masalah. Untuk itu, siswa dituntut terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara (pemahaman konseptual) dan melakukan suatu perhitungan dengan melakukan langkah-langkah (algoritma) yang tepat serta mengetahui kapan langkah-langkah tersebut diterapkan (pemahaman prosedural). Selain itu, siswa juga dituntut memiliki ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sesuai dengan pengembangan kurikulum 2013. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) bertipe HOTS di MTsN 3 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) bertipe HOTS, (2) mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) bertipe HOTS, (3) mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) bertipe HOTS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 6 siswa. Rincian subjek penelitian ini seperti berikut: 2 siswa berkemampuan matematika rendah, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi. Data diperoleh dari kegiatan observasi, data hasil tes tertulis, dan wawancara. Selanjutnya analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV bertipe HOTS: (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan semua soal dengan baik sesuai tahapan Polya, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana dan mengevaluasi jawaban sehingga memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan prosedural, (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang, mampu menyelesaikan soal dengan baik, namun ada satu siswa yang belum mampu mengevaluasi jawaban dengan baik sehingga hanya memenuhi beberapa indikator pemahaman konseptual dan prosedural, (3) siswa dengan kemampuan matematika rendah belum mampu mengevaluasi jawaban dengan baik sehingga hanya memenuhi beberapa indikator pemahaman konseptual dan prosedural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183021 Fitriana
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:28
Last Modified: 01 Aug 2022 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27214

Actions (login required)

View Item View Item