PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

NUR IFFA AFIATUL RIZKA, 12204183103 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol” ditulis oleh Nur Iffa Afiatul Rizka, NIM.12204183103, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI), pemahaman konsep matematis, hasil belajar statistika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh strategi pembelajaran yang masih biasa dan masih berpusat pada guru, dimana guru lebih dominan dalam pembelajaran dan siswa diperlakukan sebagai objek belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpikir aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran modified free inquiry (MFI) ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar berpikir kritis dan berupaya terlebih dahulu secara mandiri. Sehingga pemahaman konsep matematis siswa bisa meningkat, dan berdampak juga pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sebanyak 363 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan siswa kelas VII I sebagai kelas kontrol sebanyak 14 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji manova dan untuk memperkuat dilanjutkan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran modified free inquiry (MFI) terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VII SMPN 1 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183103 NUR IFFA AFIATUL RIZKA
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:56
Last Modified: 13 Jul 2022 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item View Item