ARNINDA TRISNASARI DEWI, 12204183285 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELUANG KELAS X SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Materi Peluang Kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Arninda Trisnasari Dewi, NIM. 12204183285, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), Komunikasi Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu guru sebagai subjek dan siswa sebagai objek. Hal tersebut berdampak pada kurangnya keterlibatan siswa dalam menyampaikan ide matematikanya selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry merupakan model pembelajaran yang berorientasi inquiry untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa melalui partisipasi aktif dalam argumentasi dengan memberikan bukti, data, serta pendapat (klaim). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap hasil belajar siswa materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang berjumlah 196 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (2) ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap hasil belajar siswa materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (3) ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa materi peluang kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183285 ARNINDA TRISNASARI DEWI |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:13 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27227 |
Actions (login required)
View Item |