STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI MIN 4 TULUNGAGUNG

MEGA CITRA EVIANA, 12205183242 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (432kB)

Abstract

Mega Citra Eviana. NIM 12205183242. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di MIN 4 Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Drs. H.Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Guru, Kreativitas Lemahnya kreativitas siswa dikalangan peserta didik di tingkat Sekolah Dasar dikarenakan kurang adanya fasilitas pembelajaran dan kreativitas pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran, selain itu penerapan strategi pembelajaran juga diperlukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat belajar IPA di kelas 5 MIN 4 Tulungagung. Asumsi peneliti bahwa dengan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran akan diperoleh peningkatan kreativitas belajar pada diri siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pembelajaran CTL dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi dan member checking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi IPA dengan melibatkan siswa secara langsung dengan berdiskusi dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya, dan siswa mampu menghasilkan suatu karya. (2) Strategi ekspositori dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi IPA guru menggunakan metode yang bervariasi, menjalin komunikasi yang baik, dan menyimpulkan materi agar siswa dapat memahami materi. (3) Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi IPA, guru mengaitkan materi dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan media pembelajaran yang konkret dan melakukan praktek sederhana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183242 MEGA CITRA EVIANA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:40
Last Modified: 11 Jul 2022 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item