TITIS NINDI MASRUROH, 12205183245 (2022) IMPLEMENTASI BAHASA JAWA KRAMA INGGIL DALAM PEMBENTUKAN SIKAP (UNGGAH-UNGGUH) SISWA DI MI ALAM AL FAWAZ MULYOASRI, PARE, KAB. KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (157kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil dalam Pembentukan Sikap (Unggah-Ungguh) Siswa di MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri” ini ditulis oleh Titis Nindi Masruroh, NIM. 12205183245, pembimbing : Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Bahasa Jawa Krama Inggil, Sikap (Unggah-ungguh) Latar belakang dalam skripsi ini adalah banyaknya masyarakat khususnya anak-anak yang sudah lupa bahkan menganggap remeh Bahasa Jawa krama dalam kehidupan sehari-hari. Para orangtua yang lebih suka mengajarkan bahasa Indonesia dan ngoko sebagai bahasa komunikasi di rumah. Bahasa Jawa Krama dianggap rumit sebab banyaknya tingkatan dalam bertutur kata. Selain itu para orangtua menganggap Bahasa Indonesia bahasa yang mudah dipahami. Alasan lain juga diungkapkan banyak lembaga sekolah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa keseharian dalam berinteraksi sehari-hari. Penggunaan Bahasa Indonesia yang terus menerus maka akan menghilangkan budaya bahasa Jawa Krama khususnya di kalangan pelajar. MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri adalah salah satu lembaga formal yang melestarikan budaya khususnya budaya berbahasa Jawa Krama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan bahasa Jawa krama inggil dalam membentuk sikap (unggah-ungguh) siswa di MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri. (2) Untuk mengetahui implikasi penerapan pembiasaan bahasa Jawa krama inggil dalam membentuk sikap (unggah-ungguh) siswa di MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri. (3) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi bahasa Jawa krama inggil dalam pembentukan sikap (unggah-ungguh) siswa di MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang sudah diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan: (1) implementasi Bahasa Jawa Krama dalam proses pembelajaran di MI Alam Al Fawaz Mulyoasri, Pare, Kab. Kediri menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, dan nasehat. Penerapan Bahasa Jawa Krama yaitu dengan menyelipkan bahasa Jawa Krama pada saat berinteraksi, memanggil, dan menasehati dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menyinggung perasaan anak. (2) Progam bahasa krama membawa dampak yang baik bagi perkembangan sikap anak. Hari demi hari perubahan sikap nyata terlihat. (3) faktor pendukung antara lain adalah terjalin kerjasama yang baik antar guru, semangat dari guru, guru yang tidak bosan mengingatkan anak, serta dukungan dari orangtua terhadap diadakannya progam bahasa krama disekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah sekolah dilakukan secara daring selama pandemi, para orangtua tidak semua menerapkan Bahasa Jawa Krama ketika di rumah dan lingkungan bermain anak yang kurang baik dalam bertutur kata.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183245 Titis Nindi Masruroh |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:29 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27242 |
Actions (login required)
View Item |