ISHAQ UTAMA SARI, 12201183029 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERJILBAB SISWI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Berjilbab Siswi SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ishaq Utama Sari, NIM. 12201183029, pembimbing Hasanal Khuluqi, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Berjilbab. Globalisasi membawa dampak adanya perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Batas” yang kini telah menjadi realita dan membawa pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Model pakaian menjadi salah satu dampak dari adanya globalisasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat informasi semakin mudah diterima oleh peserta didik termasuk model dan cara berpakaian. Saat ini, banyak media yang memperlihatkan contoh model pakaian terbuka yang mengikuti trend mode dunia barat. Remaja menjadi pihak yang rawan akan adanya hal tersebut, sebab mereka akan mengikuti trend yang sedang berkembang agar tidak dianggap ketinggalan zaman. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal menjadi tempat strategis dalam membina dan membentuk karakter peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam memainkan peran penting dalam rangka menciptakan kesadaran peserta didik untuk berjilbab dan menutup aurat. Fokus penelitian penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan kesadaran berjilbab siswi SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kesadaran berjilbab siswi SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai suri tauladan dalam meningkatkan kesadaran berjilbab siswi SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik diwujudkan dengan mengajarkan ilmu pengetahuan tentang pentingnya mengenakan jilbab dan menutup aurat kepada peserta didik serta menanamkan iman dan taqwa (IMTAQ) dalam jiwa peserta didik. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dilakukan dengan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk selalu konsisten berjilbab, memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah berjilbab, dan memberikan nasihat dalam rangka penguatan keyakinan kepada peserta didik untuk berjilbab. (3) Peran guruPendidikan Agama Islam sebagai suri tauladan ditunjukkan dengan menjadi teladan dalam berjilbab dan membiasakan peserta didik agar taat dalam berjilbab melalui pemberian model busana panjang serta penertiban seragam peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sari Ishaq Utama |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:14 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27245 |
Actions (login required)
View Item |