PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

REFIN NOORISTA PRABAWATI, 12205183124 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Refin Noorista Prabawati, NIM 12205183124, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultah Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayid Ali Rahmatullah, pembimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag. Kata kunci: Komunikasi Guru, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses komunikasi antara guru dan siswa yang kurang maksimal dalam proses pembelajaran. Sehingga hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Karena kurangnya motivasi yang ada pada siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil ulangan beberapa siswa yang masih berada di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo?. (2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo?. (3) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo?. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo yang burjamlah 70 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,486 dan sig. = 0,000. Karena nilai rhitung > rtabel atau 0,486 > 0,195 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. (2) Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai rhitung = 0,447 dan sig. = 0,000. Karena nilai rhitung > rtabel = 0,447 > 0,195 dan sig 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. (3) Berdasarkan hasil uji manova diperoleh bahwa untuk Pillai’s Trace = 0,023, Wilk’s Lambda = 0,013, Hotelling’s Trace = 0,008, dan Roy’s Largest Root = 0,001. Berdasarkan hasil tersebut membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Sabilul muhtadin Pakisrejo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183124 REFIN NOORISTA PRABAWATI
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:36
Last Modified: 11 Jul 2022 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item View Item