ADELA HOEDIN MAULIDA, 12205183256 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Adela Hoedin Maulida, NIM. 12205183256, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Peran Orang Tua , Pembelajaran Daring, Madrasah Ibtidaiyah Awal bulan desember 2019 terjadi krisis kesehatan yang disebabkan oleh corona virus atau covid-19. Banyak negara yang menutup sementara sekolah, perguruan tinggi serta universitas. Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi sangat khawatir dengan adanya fakta tersebut. Organisasi internasioanal yang bermarkas di New York, Amerika Serikat itu menangkap bahwa pendidikan menjadi salah satu sektor yang begitu terdampak oleh covid-19 ini. Sejak ditutupnya sekolah sekolah, karena adanya wabah nasional covid-19. Kemendikbud menerapkan pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring supaya anak-anak lebih fokus dalam pembelajaran dan tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif Fokus penelitian yang akan dikaji adalah (1) Bagaimana Peran Orang tua sebagai motivator dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana Peran Orang tua sebagai fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana Peran Orang tua sebagai pembimbing dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian (1) Peran orang tua sebagai motivator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung sangat bervariatif yakni: Orang tua dalam memberikan motivasi belajar pada anak sangat beragam. Banyak triktrik khusus seperti memberikan rasa aman dan tempat yang aman bagi anak ketika waktu belajar. Peran orang tua sangatlah penting terhadap pembelajaran daring di masa pandemi saat ini. (2) Peran orang tua sebagai Fasilitator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yaitu sangat beragam yaitu menggunakan buku modul dan internet, ada juga yang menggunakan hanya buku-buku saja, dan ada juga yang menggunakan buku sesuai pembelajaran tersebut dan memanfaatkan internet yang mengarah ke pendidikan. (3) Peran orang tua sebagai Pembimbing dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan xiv Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yakni sebagai berikut : Orang tua menyampaikan materi kepada anak yang sangat bervariatif, Orang tua mengembangkan teknologi yang sangat bervariatif dari sekolah yaitu aplikasi e learning, Whatsaap, google form, google classroom, dan lain sebagai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183256 ADELA HOEDIN MAULIDA |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27268 |
Actions (login required)
View Item |