PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ADELA HOEDIN MAULIDA, 12205183256 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Adela Hoedin Maulida, NIM. 12205183256, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Peran Orang Tua , Pembelajaran Daring, Madrasah Ibtidaiyah Awal bulan desember 2019 terjadi krisis kesehatan yang disebabkan oleh corona virus atau covid-19. Banyak negara yang menutup sementara sekolah, perguruan tinggi serta universitas. Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi sangat khawatir dengan adanya fakta tersebut. Organisasi internasioanal yang bermarkas di New York, Amerika Serikat itu menangkap bahwa pendidikan menjadi salah satu sektor yang begitu terdampak oleh covid-19 ini. Sejak ditutupnya sekolah sekolah, karena adanya wabah nasional covid-19. Kemendikbud menerapkan pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring supaya anak-anak lebih fokus dalam pembelajaran dan tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif Fokus penelitian yang akan dikaji adalah (1) Bagaimana Peran Orang tua sebagai motivator dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana Peran Orang tua sebagai fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana Peran Orang tua sebagai pembimbing dalam Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian (1) Peran orang tua sebagai motivator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung sangat bervariatif yakni: Orang tua dalam memberikan motivasi belajar pada anak sangat beragam. Banyak triktrik khusus seperti memberikan rasa aman dan tempat yang aman bagi anak ketika waktu belajar. Peran orang tua sangatlah penting terhadap pembelajaran daring di masa pandemi saat ini. (2) Peran orang tua sebagai Fasilitator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yaitu sangat beragam yaitu menggunakan buku modul dan internet, ada juga yang menggunakan hanya buku-buku saja, dan ada juga yang menggunakan buku sesuai pembelajaran tersebut dan memanfaatkan internet yang mengarah ke pendidikan. (3) Peran orang tua sebagai Pembimbing dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan xiv Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yakni sebagai berikut : Orang tua menyampaikan materi kepada anak yang sangat bervariatif, Orang tua mengembangkan teknologi yang sangat bervariatif dari sekolah yaitu aplikasi e learning, Whatsaap, google form, google classroom, dan lain sebagai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183256 ADELA HOEDIN MAULIDA
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:59
Last Modified: 14 Jul 2022 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item