PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTSN 10 BLITAR

DEDEB BAYU ANGGORO, 12204183204 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Dan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Kelas VII MTsN 10 Blitar “ ini ditulis oleh Dedeb Bayu Anggoro, NIM 12204183204, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Video Animasi Berbasis Powtoon, Pemahaman Konsep Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika dimana siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. selain itu peran guru yang lebih dominan dalam proses pembelajaran dan memposisikan siswa sebagai pendengar dapat menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar sehingga pembelajaran kurang optimal. Selain itu pemanfaatan media yang kurang dalam proses pembelajaran membuat siswa menjadi pasif. Salah satu hal untuk menunjang pembelajaran yaitu dengan menggunakan media video animasi agar siswa dapat tertarik terhadap pembelajaran sehingga dapat meningkatan pemahaman terhadap konsep matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap pemahaman konsep matematis materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar. 2) pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar. 3) besar pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar matematika materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep matematis dan hasil belajar matematika siswa. sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang dapat menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 10 Blitar dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji t berbantuan SPSS 25,0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) ada pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap pemahaman konsep matematis materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar. 2) ada pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar.3) Besar pengaruh pembelajaran menggunakan media video animasi berbasis powtoon terhadap pemahaman konsep matematis dan hasil belajar matematika materi perbandingan kelas VII MTsN 10 Blitar berdasarkan perhitungan effect sizedan tabel interpretasi nilai Cohen’sdiperoleh nilai d pada pemahaman konsep matematis sebesar 0,532 atau 69% dan pada hasil belajar matematika sebesar 0,631 atau 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183204 DEDEB BAYU ANGGORO
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:12
Last Modified: 10 Aug 2022 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item