Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014

Arifah, Ida Nurul (2014) Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (913kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Kreativitas Berpikir kreatif merupakan pemikiran yang bersifat keaslian, dan reflektif serta menghasilkan produk yang baru. Kemampuan berpikir kreatif diperlukan dalam menghadapi masalah sehari-hari. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi tidak lepas dari kemampuan berpikir kreatif manusia. Dengan demikian semua bidang atau mata pelajaran termasuk matematika, perlu mengembagkan model maupun strategi pembelajaran yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Dalam pembelajaran matematika, berpikir kreatif sangat dibutuhkan untuk memecahkan masalah-masalah matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning), yaitu model pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilanberpikir, pemecahan masalah, dan intelektual. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdasarkan masalah siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014 terhadap kreativitas dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitiane ksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa setelah diberi perlakuan. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kreativitas secara langsung dari siswa, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa dan nilai ulangan harian pada materi sebelumnya siswa kelas VII B dan VII C. Metode analisis data menggunakan Mann Whitney Test. Berdasarkan Mann Whitney Test dari kelas yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai Z = -4,762 dan nilai tersebut mempunyai probabilitas p < 0,00003, oleh karena probabilitas tersebut kurang dari α = 0,01 maka ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kreativitas siswa kelas VII dalam xviii menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:07
Last Modified: 02 Dec 2014 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item