STUDI KOMPARASI MODEL MANAJEMEN BISNIS PENGUSAHA DENGAN TINGKAT RELIGIOSITAS TINGGI DAN RELIGIOSITAS RENDAH (Studi Pengusaha Bata Merah Desa Tunggak Cerme Wonomerto Probolinggo)

MU'AMANA, 12405183007 (2022) STUDI KOMPARASI MODEL MANAJEMEN BISNIS PENGUSAHA DENGAN TINGKAT RELIGIOSITAS TINGGI DAN RELIGIOSITAS RENDAH (Studi Pengusaha Bata Merah Desa Tunggak Cerme Wonomerto Probolinggo). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Studi Komparasi Model Manajemen Bisnis Pengusaha dengan Tingkat Religiositas Tinggi dan Rendah (Studi Pengusaha Bata Merah Desa Tunggak Cerme Wonomerto Probolinggo).” ini ditulis oleh Mu’amana, NIM. 12405183007, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Dede Nurohman. M.Ag. Kata Kunci: Tingkat Religiositas Tinggi dan Tingkat Religiositas Rendah Pengusaha Bata Merah Seorang pembisnis dan pengusaha pada umumnya harus memiliki nilai etika bisnis syariah dan religiositas yang tinggi, agar usaha yang sedang dijalankan memperoleh kesuksesan dan keuntungan yang barokah. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang selalu menerapkan nilai-nilai etika dalam berdagang. Tetapi, di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo masyarakat yang memiliki usaha bata merah masih sebagian yang menerapkan manajemen etika bisnis syariah dan bauran religiositas didalam usaha yang sedang dijalankan. Akibatnya, terdapat perbedaan hasil pendapatan yang diperoleh oleh pengusaha bata merah. Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui manajemen bisnis bata merah pengusaha yang dilakukan oleh pengusaha dengan kategori memiliki religiositas tinggi serta untuk mengatahui bagaimana manajemen bisnis bata merah dengan kategori pengusaha dengan tingkat religiositas rendah. sehingga perbedaan kedua variabel tersebut bisa menemukan hasil perbedaan dari segi bauran religiositas dalam usaha bata merah yang digeluti oleh pengusa di Desa Tunggak Cerme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif murni dengan model komparasi, pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu trianggulasi peneliti, trianggulasi metodologis, dan trianggulasi teoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha bata merah dengan tingkat religiositas tinggi memiliki hasil yang lebih unggul hal ini disebabkan karena pengusaha bata merah dengan tingkat religiositas tinggi dalam usahanya diterapkan dimensi-dimensi keagamaan yaitu: dimensi keyakinan, dimensi praktik agama dan pengalaman. Dimensi-dimensi ini berpengaruh positif terhadap hasil yang diperoleh pengusaha bata merah dengan tingkat religiositas tinggi. pengusaha bata merah dengan tingkat religiositas rendah memiliki hasil yang kurang maksimal hal ini disebabkan pengusaha dengan tingkat religiositas rendah dalam usahanya lebih mengedepankan akal dan hasil yang tampak didepan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183007 MU'AMANA
Date Deposited: 14 Jul 2022 05:23
Last Modified: 14 Jul 2022 05:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27300

Actions (login required)

View Item View Item