PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR

NOVIA WULANDARI, 12201183220 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Srengat Blitar“ ini ditulis oleh Novia Wulandari, NIM. 12201183220, Pembimbing Dr Nurul Hidayat. M.Ag. Kata kunci : Peran Guru PAI, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa, tanpa adanya motivasi belajar tentunya akan berdampak pada proses belajar yang tidak berjalan dengan baik. Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar tidak akan belajar dengan baik karena apa yang dipelajari tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar akan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Dalam pelaksaan peningkatan motivasi siswa di sekolah tentu tidak lepas dengan peran guru, sehingga dapat dikatakan peran guru sangat berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana faktor pendukung peran guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Srengat Blitar? (2) Bagaimana faktor penghambat peran guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Srengat Blitar? (3) Bagaimana solusi peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Srengat Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data utama atau primer yaitu sumber data hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunaan triangulasi yang terdiri dari tiga triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu serta Ketentuan atau keajegan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan yaitu (1) Faktor pendukung peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI yakni guru dapat menggunakan aplikasi pembelajaran yang beragam. Salah satunya penggunaan aplikasi seperti Whatsapp, google meet, zoom, dan google form. (2) Faktor penghambat peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dibagi menjadi dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat internal Peserta didik merasa cepat bosan dan malas ketika pembelajaran daring. Faktor penghambat eksternal yakni lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. (3) Solusi peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI yakni melakukan pemanggilan kepada peserta didik yang tidak pernah mengikuti pembelajaran, melalui telfon atau dipanggil untuk datang kesekolahan dan pembagian bantuan kuota internet untuk meringankan penggunaan internet yang berlebihan ketika melakukan pembelajaran daring

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183220 NOVIA WULANDARI
Date Deposited: 18 Jul 2022 05:02
Last Modified: 18 Jul 2022 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item