KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISTEM BLENDED LEARNING DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

NURIVA SRIHARIYANI, 12210183051 (2022) KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISTEM BLENDED LEARNING DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Srihariyani, Nuriva. 2022. Kesulitan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sistem Blended Learning di SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: blended learning, kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia, upaya. Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan baik dari segi transformasi kurikulum maupun dari segi persiapan proses pembelajaran. Akan tetapi, setelah wabah pandemi COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah mengeluarkan aturan mengenai sistem pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penularan virus COVID-19. Akibatnya, sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dan adaptasi disepanjang tahun 2020. Pada tahun tersebut, masalah-masalah kesulitan pembelajaran jarak jauh mulai menuai banyak pro dan kontra. Sudah menjadi keharusan lembaga sekolah untuk mencari solusi atau alternatif sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi saat ini. Oleh sebab itu, guna mengurangi kesulitan pembelajaran, SMP Muallimin Wonodadi Blitar menerapkan sistem pembelajaran campuran atau blended learning disemua mata pelajaran termasuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) apa penyebab kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muallimin Wonodadi Blitar tahun 2021/2022?, 2) bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Muallimin Wonodadi Blitar tahun 2021/2022?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia sistem blended learning di SMP Mualimin Wonodadi Blitar tahun ajaran 2021/2022 dan mendeskripsikan upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia sistem blended learning di SMP Mualimin Wonodadi Blitar tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan secara langsung dari sumber datanya. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori dari Milles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia sistem blended learning di SMP Muallimin Wonodadi Blitar a) siswa kurang pengetahuan, b) siswa kurang berliterasi, c) dipengaruhi faktor intern dan ekstren, dan d) minimnya minat dan motivasi belajar. 2) upaya untuk mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem blended learning di SMP Muallimin Wonodadi Blitar diantaranya yaitu a) guru harus menyiapkan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran, b) dapat memanfaatkan dan menggunakan media platform online dengan baik, c) dapat memilih strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran, d) dapat membuat modul atau video pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Hasil temuan tersebut dapat menjadi referensi atau bahan rujukan untuk merencanakan upaya mengurangi kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya bagi Bapak/Ibu guru. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pedoman dalam pemilihan strategi, metode, dan media pembelajaran dalam rangka menyukseskan kegiatan pembelajaran yang maksimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183051 NURIVA SRIHARIYAN
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:11
Last Modified: 20 Jul 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27322

Actions (login required)

View Item View Item