STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGELOLA KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR

INTAN MAGHFIROH, 17201163433 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGELOLA KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Mengelola Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Intan Maghfiroh NIM 17201163433, Jurusan Pendidikan Agama Islam Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak, Kecerdasan Emosional. Konteks penelitian ini didasari oleh pentingnya pengelolaan kecerdasan emosional peserta didik, karena kecerdasan emosional merupakan potensi psikologis yang bersifat positif dan perlu dikembangkan. Dengan pengelolaan kecerdasan emosional diharapkan peserta didik dapat membangun sikap terpuji yang muncul dari hari dan akal. Oleh karena itu guru akidah akhlak dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat untuk diterapkan, sehingga akan muncul hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar?, (3) Apa saja hambatan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar, (3) Untuk mengetahui apa saja hambatan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan langkah analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubarman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi data, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar (a) Perencanaan program di dalam kelas dengan menyusun Prota, Promes, RPP, menentukan metode serta media pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, dan mengadakan evaluasi untuk mengukur keberhasilan yang telah dicapai. (b) Perencanaan program di luar kelas dengan menyusun jadwal shalat berjama’ah, jadwal kegiatan ekstrakulikuler, tata tertib dan juga kegiatan insidental, (2) Pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik di MAN Kota Blitar dilaksanakan di dalam dan di luar kelas. (a) Pelaksanaan program di dalam kelas dengan menerapkan RPP meliputi: kegiatan pendahuluan yang di dalamnya meliputi kegiatan pembiasaan mengucap salam, berdo’a, dan tata tertib. Kegiatan inti yang di dalamnya meliputi: penggunaan metode ceramah dan pembiasaan dalam pengelolaan kecerdasan emosional, penggunaan media audio visual, media cetak, dan media internet, pemberian materi sesuai bahan ajar, mencapai tujuan pembelajaran dalam pengelolaan kecerdasan emosional, serta melakukan evaluasi pembelajaran. Kegiatan penutup guru memberikan feedback (umpan balik) kepada peserta didik. (b) Pelaksanaan program di luar kelas yaitu kegiatan ekstrakulikuler seperti kegiatan pramuka dan pencak silat, kegiatan penegakkan tata tertib dan budaya sekolah, kegiatan insidental seperti kegiatan istighasah, maulid nabi, isra’ mi’raj. (3) Hambatan guru dalam mengelola kecerdasan emosional peserta didik dikelompokkan menjadi dua, (a) Hambatan internal meliputi peserta didik dan pendidik. (b) Hambatan eksternal meliputi latar belakang anak, keluarga, sarana dan prasarana, dan lingkungan pergaulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > EQ
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163433 INTAN MAGHFIROH
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:21
Last Modified: 14 Jul 2022 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item