PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NURUL AINI WATON KHOFIFAH, 12205183276 (2022) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Peserta Didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ananda Nurul Aini Waton Khofifah, NIM 12205183276, dibimbing oleh Bapak Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata Kunci: Sikap Sosial dan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa mata pelajaran akidah akhlak dapat menjadi jembatan guru untuk menanamkan sikap sosial. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pembelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (2) Bagaimana penanaman sikap sosial peduli sosial melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana penanaman sikap sosial santun melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Penelitian ini dilaksanakan di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yang berada di Jln. Madrasah No.10, Desa Pakisrejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Guru kelas, dan Guru mata pelajaran akidah akhlak MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 dengan cara memberikan tugas, memberi nasihat, dan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari atau secara kontekstual. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial tanggung jawab adalah metode drill, metode penugasan, dan metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial tanggung jawab yang dimiliki oleh peserta didik yaitu mengerjakan tugas piket dan tugas madrasah dengan baik, berpartisipasi dalam kegiatan sosial di madrasah, dan melaksanakan tata tertib kelas maupun tata tertib madrasah. (2) Penanaman sikap sosial peduli sosial melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 dengan cara pemberian nasihat. Selain itu, apabila dalam ranah proses pembelajaran, penanaman sikap peduli sosial dapat diselipkan disela-sela pelajaran diberi penjelasan berulang seperti halnya teori conditioning. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial peduli sosial adalah metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial peduli sosial yang dimiliki oleh peserta didik yaitu membayar infak hari Jum’at, meminjami alat tulis kepada teman yang tidak membawa atau tidak memiliki, dan tanpa diminta atau disuruh mereka sudah peka untuk menjenguk teman atau keluarga madrasah yang sedang sakit. (3) Penanaman sikap sosial santun melalui mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 cara pemberian nasihat sekaligus guru menjadi teladan bagi peserta didik. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial santun adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial santun yang dimiliki oleh peserta didik yaitu menghormati guru atau orang yang lebih tua, santun dalam bertutur kata, berpakaian rapi, dan mengucap salam ketika bertemu dengan guru baik di dalam lingkungan madrasah maupun di luar lingkungan madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183276 NURUL AINI WATON KHOFIFAH
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:58
Last Modified: 14 Jul 2022 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27339

Available Versions of this Item

  • PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. (deposited 14 Jul 2022 07:58) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item