NUR LAILATUL AZIZAH, 12205183027 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Lailatul Azizah. 12205183027. Pengaruh Media Pembelajaran Komik terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu. Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran Komik, Minat, Hasil Belajar Permasalahan dalam dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran masih sering ditemui, terutama dalam hal penggunaan media pembelajaran. Beberapa guru di sekolah belum menyadari akan pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Guru hanya menggunakan media buku dan papan tulis untuk menyampaikan materi pembelajaran, yang mengakibatkan peserta didik cepat bosan dan menjadi pasif. Minat belajar yang rendah memberikan dampak hasil belajar yang diperoleh peserta didik kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran, salah satunya yaitu guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran komik. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah media pembelajaran komik berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu?, 2) apakah media pembelajaran komik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu?, dan 3) apakah media pembelajaran komik berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Esxperiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket , tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji manova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran komik terhadap minat belajar, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,001. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran komik terhadap hasil belajar, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,001. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran komik terhadap minat dan hasil belajar, berdasarkan uji manova diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183027 Nur Lailatul Azizah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27353 |
Actions (login required)
View Item |