IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI SDI AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG

MUHAMAD EDHI YUSUF, 12205183180 (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI SDI AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan monoton hanya menggunakan media konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya keaktifan peserta didik yang berasal dari rendahnya minat mereka. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media untuk menumbuhkan minat peserta didik sehingga hasil belajarnya dapat maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi media pembelajaran flash card dalam pembelajaran fikih di SDI Al Munawwar Tulungagung? 2) Bagaimana Implementasi media pembelajaran flash card dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDI Al Munawwar Tulungagung? 3) Bagaimana Implementasi media pembelajaran flash card dalam pembelajaran fikih untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDI Al Munawwar Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah Pendekatan Kualitatif . Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif ,dan rasional mengenai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya didalam sekolah. Wawancara kepada informan digunakan peneliti untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan selama proses observasi sedang berjalan. Dokumentasi digunakan peneliti sebagai tambahan informasi mengenai bagan guru,visi misi sekolah, observasi dikelas,wawancara dengan para informan dan sebagai bukti telah melakukannya penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran fikih di kelas 3 Dalam wawancara mendalam ketika penelitian di lapangan, peneliti menemukan implementasi media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Fikih Kelas 3 sebagai berikut:a.Guru harus memiliki kemampuan dalam menggunakan sebuah media pembelajaran. b.Media Flashcard dapat digunakan berbagai pelajaran seperti Fikih. c.Menggunakan media flashcard dinilai efektif dikelas 3 dimana anak-anak kelas kelas 3 tergolong sangat aktif Anak-anak menyukai media Flashcard karena berbentuk kartu dan berisi gambar mengenai materi-materi yang diajarkan oleh guru. d.Penerapan dalam menggunakan media Flashcard, Guru Harus : 1.Memegang kartu setinggi dada dan mengahadap ke depan peserta didik. 2.berganti kartu satu persatu kartu tersebut setelah selesai menjelaskan. 3.Berilah kartu-kartu yang telah dijelaskan tersebut kepada peserta didik yang duduk di dekat guru. Mintalah peserta didik mengamati kartu tersebut satu persatu, lalu teruskan kepada peserta didik yang lain sampai semua mendapat kesempatan melihat kartu tersebut. 2) Implementasi media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas 3 Dalam wawancara mendalam ketika penelitian di lapangan, peneliti menemukan implementasi media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas 3 sebagai berikut: a.Memotivasi siswa dalam pembelajaran Fikih bisa dilakukan dengan media Flashcard. b.Kemampuan dan Kompetensi yang dimiliki Guru dalam menggunakan flascard adalah salah satu syarat untuk memotivasi siswa. c.Bentuk flashcard berupa kartu bergambar sangat disukai oleh siswa,guru bisa mengisi gambar-gambar dengan materi fikih sehingga siswa mudah memahaminya. d.Pembelajaran fikih yang mengguanakan flashcard dapat mencairkan suasana didalam kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. 3) Implementasi media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Fikih untuk meningkatkan prestasi belajar Kelas 3 a.Media flashcard bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa. b.Materi pada flashcard mudah di ingat oleh siswa. c.Daya ingat siswa sangat kuat terhadap gambar sehingga guru memanfaatkan media flashcard sebagai alat bantu mengingat materi agar mudah dipahami siswa. d.Gambar didalam kartu pada flashcard selalu berkesinambungan terus menerus dalam ingatan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183180 MUHAMAD EDHI YUSUF
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:15
Last Modified: 15 Jul 2022 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item