MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri)

MUHIBBUDIN, 12502175009 (2020) MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan Judul Manajemen Strategik Kepala Madrasah dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa (Studi Multi Situs di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri), ini ditulis oleh Muhibbudin dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag, dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Bakat, Minat, Siswa Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengembangan lembaga pendidikan yang berkualitas mempunyai proses yang bagus untuk menciptakan prestasi siswa yang tinggi dirancanglah kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas dan produk yang baik dibuktikan dengan siswanya mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di dalam maupun di luar kota sehingga, dengan proses yang baik madrasah tidak lagi dipandang sebelah mata bahkan menjadi sekolah unggulan pilihan utama masyarakat. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri? Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Formulasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: perumusan visi dan misi madrasah, menentukan tujuan perencanaan pengembangan bakat dan minat siswa sudah dilaksanakan oleh madrasah, pemetaan bakat minat dilakukan berdasarkan kemampuan dan bidang studi. Rekrutmen siswa pendidikan dasar dengan pelaksanaan penilaian seleksi yang ketat dengan memperhatikan beberapa penilaian yaitu rekrutmen jalur akademik dilalui dengan nilai raport dan olimpiade. Rekrutmen seleksi non akademik dilihat dari hasil hafalan al-Qur’an siswa, olahraga, seni dan sebagainya. (2) Implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: 1) Program kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan untuk semua siswa sesuai dengan potensi, minat, bakat, dan kemampuannya, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal. 2) Kegiatan pendukung melalui kegiatan rutin dan spontan yang dilakukan secara maksimal dapat mengembangkan bakat minat siswa. (3) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: 1) Evaluasi bakat minat siswa dilakukan dengan pengujian oleh guru ekstrakurikuler dengan jalan mengadakan latihan secara berkali-kali dapat menemukan siswa yang mampu berkompetisi di luar sekolah. 2) Evaluasi strategi implementasi pengembangan bakat dan minat siswa dilakukan dengan mengadaan rapat akhir bulan dan akhir tahun. Evaluasi strategi implementasi pengembangan bakat dan minat siswa dilakukan dengan mengadaan rapat akhir bulan dan akhir tahun. Di dalam rapat tersebut dihadiri oleh kepala madrasah, wakil, dan komite. Disitu memperbincangkan capaian prestasi siswa, dan kekurangan yang harus diperbaiki dalam program ekstrakurikuler. Keberhasilan prestasi siswa melalui kejuaraan nasional. Banyaknya prestasi yang dicapai oleh siswa menunjukkan kesuksesan guru dan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12502175009 MUHIBBUDIN
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:53
Last Modified: 12 Jul 2022 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27364

Actions (login required)

View Item View Item