PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN RELIGIUS DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HIDAYATUL ULWI, 12201173035 (2021) PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN RELIGIUS DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Hidayatul Ulwi, NIM. 12201173035, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. NIP. 195412181986021001. Kata Kunci: Pembinaan, Akhlak, Kegiatan Religius Dunia pendidikan mengalami tantangan krisis mengenai akhlak peserta didik, khususnya dalam hal akhlak religius sebagai dampak kemajuan arus teknologi yang semakin berkembang pesat. Sekolah dalam hal ini memiliki peran penting untuk melakukan pembinaan akhlak terhadap peserta didik. Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dapat menjadi salah satu tindakan untuk mengurangi beban tanggung jawab pendidikan yang cukup besar untuk mengatasi persoalan-persoalan akhlak religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?; (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?; (3) Apa faktor keberhasilan penerapan pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembinaan akhlak peserta didik melalui kegaiatn religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (3) Untuk mengetahui faktor keberhasilan penerapan pembinaan akhlak peserta didik melalui kegaiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti melakukan langkah, yakni meningkatkan ketekunan, perpanjangan penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, penerapan pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius melalui tahapan-tahapan yang dilakukan dengan melakukan pemberian pengetahuan melalui pembelajaran maupun praktik langsung, pemberian pemahaman dengan metode-metode pembinaan, pembiasaan, penyadaran melalui kegiatan-kegiatan religius di sekolah. Kedua, penghambat dan pendukung pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal, yaitu yang bersumber dari peserta didik, yang meliputi kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, konflik yang dialami oleh peserta didik seperti terjadinya broken home. Faktor eksternal, meliputi lingkungan keluarga peserta didik seperti keluarga yang kurang harmonis, orang tua yang bekerja diluar negeri. Faktor lingkungan sekolah seperti teman sebaya, lingkungan masyarakat tempat tinggal peserta didik, dan sarana prasarana seperti mushola yang kurang luas untuk kegiatan sholat berjama’ah. Ketiga, faktor keberhasilan penerapan dari pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan religius di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, yakni dapat membiasakan peserta didik untuk melakukan kebaikan setiap harinya, membentuk pribadi peserta didik untuk memiliki akhlak yang baik, memantabkan dan meningkatkan rasa keagamaan peserta didik, dan mendapat nilai positif dari orang tua pesera didik karena dapat mengarahkan dan membimbing peserta didik kearah yang positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173035 HIDAYATUL ULWI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:18
Last Modified: 15 Jul 2022 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27365

Actions (login required)

View Item View Item