NURUL AENI, 12205183031 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS III DI MI TARBIYARUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (693kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran online dimana pembelajaran yang diselenggarakan melalui jaringan web. Setiap mata pelajaran menyediakan materi dalam bentuk video atau slideshow, dikirim melalui grup whatsapp. Dengan adanya pembelajaran online biasa meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kajian penelitian ini dilator belakangi berbagai permasalahan dalam pembelajaran tematik pada kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Dalam proses belajar mengajar, guru masih menggunakan metode konvensional, siswa cenderung pasif dalam proses kegiatan pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran sangat rendah, dan asil belajar tematik siswa masih kurang optimal. Oleh karena itu guru benar-benar harus memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai model pembelajaran yang efektif yang dapat menumbuhkan minat siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa, dan salah satunya dengan menerapkan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemblajaran online terhadap minat dan hasil belajar tematik terpadu siswa kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu pembelajaran online sebagai variabel bebas (X), minat dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y1 dan Y2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment design) tipe none equivalent grup design yang bertujuan untuk menjelaskan atau mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibarkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol dan III B sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrument pengambilan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi (2) Dokumentasi (3) Tes (4) Angket. Instrument berupa angket untuk mengukur minat siswa, sedangkan tes yang berupa post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrument angket dan soal post-test sebelum digunakan untuk mengambil dan mendapatkan data terlebih dahulu, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul maka akan di uji dengan uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan uji t-test hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 sesuai dengan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan uji t-test hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 sesuai dengan kriteria menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil perhitungan diperoleh hasil analisis minat dan hasil belajar secara stimulat menggunakan analisis multivariate of varian (MANOVA) diperoleh nilai ke empat p�value (sig) memiliki signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Sesuai dengan kriteria niali p-value (sig) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > E-Learning Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183031 NURUL AENI |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27374 |
Actions (login required)
View Item |