PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTs NEGERI 3 KEDIRI

DEVINA BERLIANI, 12204183010 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTs NEGERI 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri” ini ditulis oleh Devina Berliani, NIM. 12204183010, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika sampai saat ini tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum sepenuhnya paham dengan makna dari berbagai konsep yang ada dalam pelajaran matematikakarena kurangnya keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan siswa supaya mereka dapat menciptakan ide-ide baru di era modern seperti saat ini. Dalam hal ini peneliti memilih model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain posttest-only control dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 307 pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 sedangkan taraf signifikansi 5%, selain itu juga diperoleh nilai yaitu . (2) Besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Negeri 3 Kediri yaitu sebesar atau dan termasuk ke dalam kriteria tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183010 DEVINA BERLIANI
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:05
Last Modified: 15 Jul 2022 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27407

Actions (login required)

View Item View Item