PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA ERA NEW NORMAL DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR

RIRIN ARLIDADEWI AGUSTIN, 12201183267 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA ERA NEW NORMAL DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Pada Masa Era New Normal Di MA Ma’arif Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Ririn Arlida Dewi Agustin, NIM. 12201183267, pembimbingProf. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, dalam meningkatkan disiplin peserta didik pada masa era new normal Tahap kesadaran setiap orang dalam meningkatkan disiplin pada masa era new normal terletak pada bagaimana dia belajar untuk sadar meningkatkan disiplin pada masa era new normal dan peran seperti apa yang hendak akan digunakan. Di MA Ma’arif Ponggok Blitar memiki tujuan untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki wawasan tinggi yang berprestasi dan beradab serta memiliki akhlak yang mulia. Dengan ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan guru akhidah akhlak yang memiliki peranan penting untuk membentuk peserta didik memiliki akhlak yang baik, Oleh karena itu pendidik memiliki peranan penting dalam keberhasilan peserta didik untuk meningkatkan disiplin peserta didik pada maa era new normal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai fasilitator dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitar ?(2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitar ?(3) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitar ? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi peneliti ini terletak di MA Ma’arif Ponggok Blitar. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, guru akidah akhlak, dan tiga perwakilan peserta didik di MA Ma’arif Ponggok Blitar. Metode yang digunakan adalah wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan degan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai fasilitator dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitaradalah dengan menyediakan wadah fasilitas kepada peserta didik melalui kebijakan peraturan yang dimuat dalam selembaran tata tertib yang digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan peraturan serta kebiasaan disiplin. 2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitaradalah dengan menjadikan peran sebagai bentuk nasehat, ajakan, contoh, serta dorongan (motivasi) dalam menjalankan kehidupan disiplin dan penuh tanggung jawab. Dalam menjalankan perannya guru akidah akhlak di MA Ma’arif Ponggok Blitar menggunakan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran interaktif sebagai strategi dalam peran tersebut. Pembelajarankonstekstual dan interaktif digunakan sebagai dorongan pendidik kepada peserta didik agar memiliki karakter disiplin yang lebih kuat serta memiliki karakter yang lebih baik, karena guru akhidah akhlak di MA Ma’arif Ponggok Blitar memiliki peran penting untuk mewujudkan perubahan serta menumbuhkembangkan disiplin ilmu serta displin berkatrakter. 3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan disiplin peserta didikpada masa Era New Normal di MA Ma'arifPonggok Blitaradalah dengan adanya bimbingan dan arahan yang diberikan guru akan mewujudkan perubahan yang baik pada setiap karakter peserta didik. Serta dapat melatih peserta didik untuk lebih membiasakan diri dalam proses belajar mengajar yang berganti dari pembelajaran online menuju ofline. Serta apabila terdapat peserta didik yang dibimbing namun tetap melanggar peraturan maka akan diberi sanksi yang mendidik seperti halnya terlambat berangkat sekolah akan mendapatkan surat dispensasi sebagai bukti keterlambatan serta akan mendapatkan sanksi sesuai pelanggaran yang dilakukan disekolah. Contoh sanksi yang mendidik seperti membersihkan kelas, halaman sekolah, serta menyelesaikan tugas pelajaran tambahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183267 RIRIN ARLIDADEWI AGUSTIN
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:27
Last Modified: 15 Jul 2022 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item