LISA NOVI YANTI, 12201183330 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE-NON-EXAMPLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs SULTAN AGUNG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (864kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Lisa Noi Yanti, NIM (12201183330), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I, NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci: Example Non Example, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar peserta didik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran fiqih. Ada juga faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan belajar peserta didik salah satunya model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensial yang kurang menarik, sehingga peserta didik merasa kurang tertarik dan mudah cepat bosan dalam pembelajaran dengan hal tersebut maka akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik, oleh sebab itu seorang sebagai seorang pendidik harus bisa menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Salah satunya yakni model pembelajaran Example Non Example. Model pembelajaran Example Non Example bersifat untuk melatih keberanian peserta didik untuk perpendapat, bertanya,dan aktivitas belajar lainnya. Dalam model pembelajaran ini guru membagi 4-5 kelompok untuk berdiskusi dengan hal ini semua peserta didik bisa aktif untuk mengemukakan pendapat dan bertanya jika peserta didik sering aktif didalam kelas maka akan mempengaruhi hasil belajarnya . Dengan demikian peserta didik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII diMTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Time Series Desaing prettest posttest desaign, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pertimbangan (Purposive sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. Sample penelitian ini adalah kelas VII MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Data analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji MANOVA , yang sebelumnya sudah diuji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, Homogenitas, Linier. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung dengan hasil uji T angket (posttets) diperoleh nilai Sig. < 0,05, yaitu 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung dengan hasil uji T test (posttets) diperoleh nilai Sig. < 0,05, yaitu 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran example non example terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung dengan hasil uji MANOVA diperoleh nilai Sig. < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183330 LISA NOVI YANTI |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:02 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27421 |
Actions (login required)
View Item |