PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS XI TKJ SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

ATIKA QOTRUNNADA AZIIZAH, 12204183286 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS XI TKJ SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI TKJ SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Atika Qotrunnada Aziizah, NIM. 12204183286, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Snowball Throwing, Media Pembelajaran, Peluang, Hasil Belajar Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkannya metode pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran Snowball Throwing dan media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media video. Metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa untuk mengemukakan pendapat dan berdiskusi untuk membuat soal pada bola kertas. Selain itu, media berupa video pembelajaran dapat dijadikan sebagai perantara dalam menyampaikan materi pada saat pembelajaran jarak jauh sehingga dapat membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru di manapun dan kapanpun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Berbantuan Media Video Terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas XI TKJ SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen postest-only control grup design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi dari penilitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ sebanyak 232 siswa sedangkan sampel yang diteliti adalah kelas XI TKJ 1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 2 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (postest) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t independent (Independent Sample T Test). Uji t independent dikatakan ada pengaruh jika terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Berbantuan Media Video Terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas XI TKJ SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hasil hitung uji t independent diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,003 sehingga < 0,05 (taraf signifikasi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183286 ATIKA QOTRUNNADA AZIIZAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 05:47
Last Modified: 15 Jul 2022 05:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27435

Actions (login required)

View Item View Item