ANALISIS KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RISKA NURINDAHSARI, 12205183120 (2022) ANALISIS KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis pada Kemampuan Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Mata Pelajaran Matematika di MI AL-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Riska Nurindahsari. NIM. 12205183120. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Ketrampilan Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda, terutama kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat diukur dengan menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yang meliputi interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan ketrampilan berpikir kritis siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan ketrampilan berpikir kritis siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. (3)Untuk mendeskripsikan ketrampilan berpikir kritis siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, 2 siswa berkemampuan rendah. Pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah : (1) Ketrampilan berpikir kritis, siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika mampu memenuhi keempat indikator ketrampilan berpkir kritis menurut Facione,(2) Ketrampilan berpikir kritis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika mampu memenuhi tiga indikator ketrampilan berpikir kritis menurut Facione, (3) Ketrampilan berpikir kritis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika memenuhi satu atau dua indikator ketrampilan berpikir kritis menurut Facione.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183120 RISKA NURINDAHSARI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:53
Last Modified: 15 Jul 2022 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27477

Actions (login required)

View Item View Item