PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL UMRON BENDOSEWU KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

KHOVIV SYAIFUDIN ZUHRI, 12205183238 (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL UMRON BENDOSEWU KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Khoviv Syaifudin Zuhri, NIM : 12205183238. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), dengan judul “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Mi Al Umron Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar” Dosen Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Penelitian ini melatar belakangi bahwa pendidikan adalah salah satu wadah keberhasilan suatu bangsa menjadi bangsa yang maju dan terhormat dengan menjadikan anak – anak bangsa menjadi anak yang unggul dan kompeten, baik di negara sendiri maupun di negara lain. Pendidikan hendaknya dilaksanakan dengan baik guna mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri anak dengan dukungan baik dari pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan maupun sekolah sebagai pelaksana kegiatan belajar mengajar. Dengan hal itu banyak siswa yang mempunyai permasalahan dalam hal hasil belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Siswa dihimbau untuk mengatasi hal tersebut dengan melakukan hal positif salah satunya ialah melaksanakan bimbingan belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi : (1) Adakah pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Al Umron Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar (2) Seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Al Umron Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui pola dan bentuk yang siginifikan pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran Matematika di MI Al Umron Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Al Umron Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Quasi Eksperimen. Dengan sumber data siswa yang ikut bimbingan belajar dan yang tidak ikut bimbingan belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui uji asumsi klasik yaitu meliputi : Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, dan Uji t dua sampel berhubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Umron Bendosewu, pengaruh yang diberikan signifikan karena memiliki pengaruh yang tinggi dalam hal hasil belajar. Ditunjukkan dengan hasil Uji t dua sampel berhubungan menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan dari data itu pengaruh yang diberikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar berupa pengaruh positif (2) Terdapat besar Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Umron Bendosewu, dikarenakan hasil dari perhitungan nilai effect size sebesar (d) = 2,4. Interpretasi pada Cohen’s menyatakan besar pengaruh sebesar 100%. Maka dari itu bimbingan belajar mendapatkan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: zuhri khoviv syaifudin
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:35
Last Modified: 15 Jul 2022 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item View Item